Select Page

Punya teman di luar negeri? Segera beritahu, tahun depan, banyak paket wisata murah ke destinasi wosata eksotik di Indonesia

KEMENTERIAN Pariwisata bekerjasama dengan industri pariwisata akan meluncurkan berbagai terobosan yang terangkum dalam Visit Wonderful Indonesia 2018. Slogan itu sendiri rencananya akan diluncurkan Desember 2017.

IMG_6682Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gede Pitana menjelaskan, seiring dengan rencana peluncuran tersebut, telah dibuat berbagai terobosan, di antaranya pembuatan paket wisata untuk mengenalkan dan mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara pada 2018 sebanyak 17 juta wisatawan.

“Bekerjasama dengan industri pariwisata, kami sepakat akan meluncurkan Visit Wonderful Indonesia 2018. Kami juga sepakat membuat paket murah sepanjang tahun, dan sangat murah pada saat low season,” papar Pitana dalam acara bertajuk Promosi Pariwisata Mancanegara pada Media Nasional yang diselenggarakan di Malang, belum lama ini. Hadir dalam acara itu Kasie Promosi dan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang Agung H Buana dan Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata  Ni Wayan Giri Adnyani.

Paket-paket itu menurut Pitana sudah dalam tahap finalisasi dengan tujuan 18 kota/pulau yang menjadi pasar utama seperti Bali, Surabaya, Solo, dll. Selain itu akan dibuat paket-paket terkait event internasional besar yang akan diadakan di Indonesia pada 2018, yakni terkait pertemuan IMF dan Bank Dunia di Bali serta Asian Games yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang.

“Untuk IMF kami sudah siapkan 60 paket, antara lain Bali-Toraja, Bali-Toba, Bali-Banyuwangi, dsb. Sedangkan untuk Asian Games ada 75 paket. Paket-paket itu akan terus berkelanjutan, Kemenpar akan mendukung promosi dan penjualan lewat online,” jelas Pitana.

Tahun depan, Kemenpar dan industri pariwisata juga akan melanjutkan pembuatan paket murah, khususnya untuk mengisi masa low season. Oktober 2017, paket murah weekday itu, tahun ini sudah dilakukan untuk Pulau Batam dan Bintan, dengan sasaran utama wisatawan dan ekspatriat, serta anak sekolah dari Singapura.

“Pulau Batam dan Bintan selama ini selalu ramai di akhir pekan, Jumat hingga Minggu. Namun weekday sangat sepi. Spa kosong, okupansi hotel merosot, pengunjung restoran menurun, dan penumpang ferry penyeberangan pun turun. Dari situ, industri sepakat bekerja sama membuat paket murah weekday,” papar Pitana.

Sejak diberlakukan awal Oktober, paket murah tersebut mendapat sambutan baik. Ditargetkan, Oktober hingga Desember dari paket ini saja akan ada tambahan 105 ribu turis reguler. (D-1)

Ada Banyak Paket Wisata Murah ke Indonesia
Bagaimana artikel ini menurut Anda?