Select Page

Muak dengan kemacetan Jakarta dan sekitarnya? Capek nyetir dan pegel harus terus-terusan ganti kopling? Saatnya melirik Commuter Line (CL). Moda transportasi satu ini makin asyik dan seru. Apalagi, untuk wisata atau refreshing di akhir minggu.

BUKAN rahasia lagi, kemacetan parah di Jakarta, bahkan di akhir minggu atau weekend, sungguh luar biasa. Inilah yang membuat warga Jakarta enggan keluar, walau sebetulnya ingin sekali refreshing sejenak, melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan dan membosankan.

Padahal, sebagai kota megapolitan yang terus berderap, Jakarta menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Jakarta juga kaya dengan ragam budaya, seni, dan kuliner. Namun, kemacetan yang terus menjadi warna Jakarta membuat berbagai kelebihan itu tak sempat dinikmati oleh sebagian orang.

CL atau kereta api commuter Jabodetabek yang terus bersolek jadi solusi tepat. Revolusi CL besar-besaran di tubuh PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menghadirkan moda transportasi idaman yang cukup nyaman dan jadi kebutuhan ratusan ribu penggunanya setiap hari.

Apalagi, saat pengguna CL terus dimanjakan dengan berbagai kemudahan. Yang dulu seperti mimpi untuk mengubah wajah buruk KRL yang beroperasi sejak 1976, kini menjadi nyata. Terlebih sejak PT KAI menerapkan program e-ticketing pada 2012 hingga Commuter Electronic Ticketing (Commet) per 1 Juli 2013.  Bukan itu saja, sejak 8 Desember 2013, kartu Flazz BCA bisa digunakan diikuti dengan kartu Mandiri E-Money, Brizzi, BRI, dan BNI TapCash sejak 16 Juni 2014. Hidup serasa makin mudah dan nyaman bersama CL.

Commuter Line - di dalam kereta

Cerdas berwisata

Pada rush hour atau peak hour CL memang terasa sangat tidak nyaman. Apalagi, pada hari-hari kerja. Namun, jika cerdas menyiasati, CL akan sangat nyaman menjadi moda transportasi pilihan untuk berwisata keliling Jakarta di akhir minggu. Oleh karena itu, pengguna harus pintar-pintar menerapkan beberapa tips nyaman naik CL.

Pertumbuhan volume pengguna CL seiring dengan makin berubahnya wajah kereta api listrik ini memang dahsyat. Penumpang rata-rata per hari sudah mencapai angka 850.000 lebih. Kendati jumlah armada terus ditingkatkan (pada 2019 ditargetkan 1.400 armada), jumlah itu masih belum memadai dibanding lonjakan pengguna. Di sinilah perlunya kecerdasan menyiasati. Apalagi, jika berkomuteria dilakukan pada kesempatan weekend, khusus untuk berwisata.

Cermati betul jadwal perjalanan CL, itu syarat pertama yang harus diikuti oleh traveler CL. Setelah itu, catat rute-rute yang harus diambil atau di mana harus melakukan transit menuju destinasi wisata yang kita tuju. Tentu saja, lakukan pengamatan yang cukup untuk mengetahui kapan peak hour pengguna CL pada weekend.

Jika semua syarat atau tips-tips itu diterapkan, dijamin wisata keliling Jakarta dengan CL akan sangat menyenangkan. Apalagi, jika perjalanan wisata dilakukan dengan santai, tak dikejar waktu, dan tanpa beban. Ibaratnya, dalam satu kali tarikan napas, kita diantarkan menuju keindahan Jakarta oleh CL. City backpackers serasa dibawa bertualang ke sejumlah destinasi elok di Jakarta dan sekitarnya dalam hitungan jam bersama CL.

Gratis Commuter Line

Dapatkan Kartu Commuter Line GRATIS dengan mengiuti #PollingBerhadiah. JANGAN LUPA REGISTER DULU YA!

REGISTER – VOTE #POLLINGBERHADIAH – MENANG!

Kota Tua hingga Kebun Raya Bogor

Seperti CL yang makin panjang (saat ini ada beberapa CL yang memiliki 12 rangkaian gerbong kereta), destinasi wisata Jakarta dan sekitarnya pun makin panjang dan beragam. Dari Stasiun Jakarta Kota menuju  Stasiun Bogor misalnya, ada beberapa destinasi wisata menarik yang pantas disinggahi.

Keindahan Masjid Istiqlal dengan arsitekturnya yang menawan, Monumen Nasional yang menggambarkan sejarah perjalanan Bangsa Indonesia dalam diorama heroik, hingga Museum Nasional sebagai museum tertua dan terbesar yang telah dua abad berdiri, lengkap ada di Ibukota. Setelah puas berwisata di tengah kota, perjalanan bersama CL bisa diteruskan menuju Stasiun Jakarta Kota. Hanya sekedipan mata dari stasiun dengan arsitektur Belanda yang sangat eksotis itu, pengguna CL akan mudah menemukan komplek Kota Tua. Inilah surga bagi para wisatawan yang gemar menikmati obyek-obyek wisata tempo dulu.

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah adalah destinasi wisata yang menjadi ikon Kota Tua. Bekas kantor Gubernur Jenderal Belanda ini berubah menjadi museum yang mencatat sejarah dan budaya kota Jakarta. Arsitektur yang memukau ditambah berbagai atraksi budaya yang mewarnai Museum Fatahillah menjadikan destinasi wisata satu ini selalu jadi primadona Kota Tua.

Tak jauh dari Museum Fatahillah, city traveler bisa singgah di Museum Bank Mandiri dan Bank Indonesia yang masih rapi menyimpan piranti-piranti perbankan pada masanya seperti mesin hitung uang mekanik, kalkulator, mesin pembukuan, mesin cetak, dan safe deposit box. Belum puas? Di sana juga ada Museum Wayang serta Museum Seni Rupa dan Keramik.

Tak hanya destinasi wisata, para pengunjung juga bisa memanjakan lidah dalam aneka kuliner, baik di kaki lima ataupun di café-café dan resto yang menyajikan warna tempo dulu yang kental. Dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda, perjalanan wisata keliling Jakarta pada kesempatan weekend masih bisa diteruskan di seputaran Kota Tua.

Kebun Raya Bogor

Dari Jakarta Kota, perjalanan bisa diteruskan menuju Taman Impian Jaya Ancol dengan CL. Tentu, hanya dengan mengambil rute menuju Stasiun Ancol. Berbagai wahana dijumpai pada destinasi wisata yang didominasi suasana pantai ini. Atau, para anker (anak kereta, sebutan untuk pengguna tetap CL), bisa langsung meluncur menuju Bogor.

Sekitar satu jam 45 menit atau dua jam waktu dibutuhkan dari Stasiun Jakarta Kota menuju Bogor. Kebun Raya Bogor yang menyimpan 13.697 spesimen tanaman dari Indonesia atau pun manca negara, sudah pasti menjadi tujuan wisata wajib. Tak hanya bunga bangkai langka, Bogor Botanical Garden di  jantung Kota Hujan ini juga menawarkan kehijauan dan kesegaran udara yang mampu me-refresh pikiran dan perasaan para pengunjung. Rumput bak permadani serta pohon-pohon besar, tua, langka, dan rindang bak payung raksasa yang menyejukkan.

Hanya dalam hitungan jam, weekend seru di Jakarta dan sekitarnya tuntas bersama CL. Tak harus bete dengan kemacetan, traveler terpuaskan menikmati liburan menyenangkan untuk kembali menghadapi rutinitas di keesokan hari. Selamat berwisata bersama CL. (Divdit)

Weekend Seru di Jakarta dengan Commuter Line
1 (20%) 1 vote


Also published on Medium.