Select Page

Tak cukup sehari dua hari menjelajahi Probolinggo. Spot-spot wisata dari lembah, ngarai, hingga air terjun dan pantai, berserakan di berbagai sudut. Belum lagi hamparan pohon mangga dan anggur yang jadi salah satu kekuatan ekonomi kota di Jawa Timur itu.

Jika tak ingin menjadi manusia merugi siapkan waktu khusus untuk menikmati berbagai keindahan dan keunikan yang tersimpan di kota satu ini. Ya, Probolinggo menawarkan spot-spot wisata komplet, dari daratan yang hijau menawan hingga wisata bahari yang tak henti mengundang decak kagum.

Probolinggo memang tak bisa dipisahkan dari Gunung Bromo yang eksotis. Faktanya, gunung berapi yang masih aktif tersebut memang berada di Kabupaten Probolinggo selain masuk wilayah Kabupaten Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Namun, kota terbesar keempat di Jawa Timur setelah Surabaya, Malang, dan Kediri itu tak hanya memiliki gunung dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut itu. Probolinggo masih memiliki spot wisata lainnya yang tak kalah menarik dan cantik.

Saking banyaknya, dua hari tak cukup untuk menjelajah keindahan berbagai spot wisata tersebut. Skala prioritas harus dilakukan untuk benar-benar mendapatkan dan menikmati keindahan alam, anugerah dari Tuhan. Pertanyaannya, spot wisata seperti apa yang benar-benar diminati? Wisata gunung, lembah, ngarai, atau wisata air? Atau kesemuanya bisa dinikmati? Jawabannya adalah, mengapa tidak?

Padang savana bak negeri Teletubbies

Siapa tak tahu Teletubbies dengan kata popular, berpelukaaan? Serial kartun menggemaskan itu sangat digemari anak-anak, bahkan orang tua. Sering dikisahkan bagaimana tokoh-tokoh serial yang tayang pada rentang 1997 – 2001 itu, Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa, dan Po, bercengkerama di bukit Teletubbies.

Tak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk merasakan nuansa bukit Teletubbies di tempat serial boneka kartun itu dibuat, Ragdoll Productions. Di Probolinggo, tepatnya di sisi selatan Gunung Bromo, ada padang savana yang dikenal dengan Lembah Jemplang.

Uniknya, padang savana yang hijau sejauh mata memandang itu sangat mirip dengan bukit Teletubbies. Tak pelak, padang savana dengan keindahan rumput yang ditata oleh tangan Tuhan itu pun dikenal sebagai Bukit Teletubbies.

madakaripura waterfall (plus.google.com)

Rangkaian air terjun

Kawasan yang terletak sekitar 100 km sebelah tenggara Surabaya ini juga tercatat sebagai kawasan yang kaya dengan air terjun. Madakaripura adalah air terjun terpopular dan tercatat sebagai salah satu air terjun tercantik di Nusantara.

Berada di Kecamatan Lumbang, air terjun Madakaripura masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini berbentuk ceruk dengan perbukitan hijau di sekelilingnya. Air yang terus menetes di seluruh bidang yang mengelilingi membuat Madakaripura tampil begitu eksotis.

Sekali lagi, Probolinggo tak hanya punya Madakaripura. Masih ada jajaran air terjun lainnya yang tak kalah cantik dan unik. Sebut saja, air terjun Umbulan yang berada tak jauh dari Madakaripura. Begitu pun dengan air terjun Watu Lawang yang berada di antara tebing hingga terkesan seperti ada pintu masuk atau lawang.

Selain itu, masih ada air terjun Triban yang berlokasi tak jauh dari air terjung Lawang di Desa Ngepung. Pun begitu dengan air terjun Kedung Amis, air terjun Sumber Pakis II, air terjun Darungan, dan air terjun Kali Pedati. Air terjun yang terakhir memiliki ketinggian sekitar 20 meter di lereng Argopuro. Para pecinta treking bisa mencapainya dengan menyusuri aliran Sungai Pedati yang kondang dengan keindahan tebing-tebing vertical dari bebatuan.

Wisata Probolinggo Ranu Segaran 800x533

Danau memukau

Selain tebaran air terjun, Probolinggo juga kaya dengan danau-danau yang memanjakan mata. Sebut saja, Danau Ronggojalu. Danau ini tak hanya jadi objek wisata, namun juga jadi tampungan air bersih untuk masyarakat daerah yang dikenal sebagai penghasil buah mangga dan anggur itu.

Masih ada Danau Agung atau lebih dikenal sebagai Ranu Agung. Soal panorama, jangan ditanyakan lagi keindahan yang menghiasi danau bentukan gunung berapi Lamongan ini. Danau yang berada di Desa Ranu Agung ini sangat cocok sebagai destinasi untuk menenangkan diri atau mencari inspirasi.

Begitu pun dengan Ranu Segaran, danau yang dikelilingi pegunungan hijau nan menawan. Kesejukan dan ketenangan yang ditawarkan sangat luar biasa. Atau, Danau Taman Hidup di Lembah Gunung Argopuro yang memiliki ketenangan luar biasa. Lokasi yang sering dipakai untuk berkemah itu juga banyak dihuni hewan liar cantik seperti merak hijau, lutung merah, kijang, lutung Jawa, babi butan, hingga kancil.

wisata probolinggo negeri di atas awan 800x533

Agrowisata dan bercengkerama dengan awan

Manggur, itu sebutan untuk Probolinggo yang dikenal sebagai penghasil buah mangga dan anggur yang maknyus. Kawasan Mastrip Desa Wonoasih adalah sentra anggur terbesar di Kota Angin ini. Sepanjang mata memandang ribuan pohon anggur begitu menakjubkan. Apalagi, jika musim panen dengan anggur-anggur menjuntai berwarna merah tua yang merangsang selera.

Begitu pun dengan mangga yang terkenal manis dan segar. Bulan Mei – Oktober Probolinggo akan diwarnai tumpukan mangga ranum siap kirim ke berbagai daerah, bahkan hingga ke Singapura. Ada 12 kecamatan yang dikenal sebagai sentra mangga, yakni Tongas, Pakuniran, Gading, Maron, Banyuanyar, Besuk, Wonomerto, Paiton, Leces, Kota Anyar, Tegal Sliwan, dan Krejengan. Lezatnya Arumanis dan Manalagi sudah begitu kondang.

wisata probolinggo anggur 800x533

Berbekal anggur dan mangga ranum, mari menuju Puncak B29 Bromo. Negeri di atas awan ini akan membawa kita kepada pemandangan menakjubkan. Pada ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (itu sebabnya disebut Puncak B29) kita serasa bercengkerama dengan awan sembari menyaksikan keindahan matahari terbit.

Masih banyak destinasi wisata elok lainnya seperti Pantai Bentar dengan hamparan mangrove yang menawan. Atau, Gunung Argopuro dengan puncak Rengganis yang memiliki tebaran situs zaman purbakala. Begitu pun dengan Pulau Gili Ketapang yang menjadi salah satu surga bagi penyuka snorkeling.

Tebaran destinasi wisata yang sulit disebutkan satu per satu itu diimbangi ragam kuliner yang juga beragam. Sebut saja Nasi Glepungan, menu sederhana yang ngangeni. Atau Sirup Pokak dan Keripik Kentang yang khas Probolinggo. Begitu pun dengan Keripik Olok yang terbuat dari kepiting muda dengan cita rasa gurih menggoda.

Nah, tunggu apalagi? Segera agendakan perjalanan ke Probolinggo yang memiliki sederet destinasi wisata dalam berbagai ragam. Sebanyak ragam kuliner yang juga jadi kekuatan kota yang dikenal bersih dan sejuk ini. (Divdit)